12 Jan 2010

Waspadai Hujan & Angin Kencang Hingga 17 Januari 2010

Waspadai Hujan & Angin Kencang Hingga 17 Januari 2010
Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali memperingatkan pada masyarakat agar lebih waspada terhadap kondisi cuaca tanah air. Mulai hari ini hingga tanggal 17 Januari mendatang, hujan lebat disertai petir dan angin kencang akan melanda di beberapa wilayah Indonesia.


Lewat rilis yang diterima detikcom , Senin (11/1/2010), BMKG memberikan informasi kawasan yang akan dilanda cuaca ekstrim tersebut adalah Sumsel, Bengkulu dan Lampung. Wilayah pesisir Barat Sumatera bagian Tengah, Selatan Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan juga akan terkena.

Selain itu, di Jabodetabek, sebagian besar Pulau Jawa, Sulawesi bagian Utara, Selatan dan Tenggara, lalu Bali, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara-Tenggara dan Papua bagian Barat-Utara.

"Adanya daerah tekanan rendah di sebelah Utara dan Timur Australia membentuk daerah pumpunan (kanvergensi) angin yang memanjang dari Sumatera bagian Selatan hingga Laut Banda yang berpengaruh terhadap proses pertumbuhan awan – awan hujan di wilayah sekitarnya," kata Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrim, Kukuh Ribudiyanto.

Kukuh juga menjelaskan, tidak hanya cuaca ekstrim yang patut diwaspadai. Gelombang tinggi di perairan juga akan mengancam para nelayan yang akan melaut.

Beberapa wilayah yang berpotensi terjadinya gelombang tinggi adalah kawasan Perairan selatan Jawa hingga NTT, Laut Sawu Perairan Kepulauan Natuna dan Kepulauan Anambas. Selain itu, Laut Jawa, Laut Seram, Laut Banda, Laur Arafuru, Laut Tumor, Perairan utara Halmahera dan Papua juga patut diwaspadai.

"Tinggi gelombang bisa mencapai 2-3 meter," imbuhnya.

Sementara itu gelombang hingga 4 meter berpeluang terjadi di Laut Cina Selatan dan Samudra Pasifik timur Filipina. Para nelayan di kawasan tersebut diimbau untuk terus waspada