20 Feb 2011

Safe Mode

Senangnnya...
Pa kabar Semua, saya ada cerita baru nih..
Hari Rabu Kemarin Setelah Latiahan Tapak Suci di Cabang Serpong. dateng Pak Rahmat, dia bawa laptop dan printer Canon Pixma IP 1600, Pak Rahmat,"Val Lagi sibuk gak bapak minta tolong nih", kenapa pak,"ini bapak mau ngeprint tapi gak bisa-bisa, kamu bisa gak val bantu bapak. kasian juga dah dari rumah bawa printer, kasian juga, ya udah saya coba pak.
lamgsung aja, . . pak ada driver IP 1600 gak. pak Rahmat justru itu drivernya hilang val, Ups,,, ya udah kita download dlu ya pak. gw download di Internet, dah dapet langsung w instal.
Setelah instal selesai komputer minta di restart, setelah restart apa yang terjadi.laptopnya restart terus, berulang-ulang tampilannya biru ada tulisan-tulisan kemudian baru restart w rada panik dikit, aduh mana bukan laptop gw gimana nih..
untung aja w inget buat ngembaliin keadaan komputer kembali ke kondisi yang kemarin yaitu dengan cara safe mode:
Langkah safe mode:

Pertama-tama nyalakan komputer atau restart komputer, lalu setelah selesai loading RAM, tekan F8. Dalam Windows XP, Anda akan diberikan beberapa pilihan untuk modul safe mode. Yang pertama Safe Mode with Networking, Safe Mode with Command Prompt dan yang terakhir Safe Mode saja. kemudian pilih Safe Mode saja, tampilanya memang agak berbeda dengan yang biasa user gunakan, tampilan dekstopnya hitam.
Kemudian langsung aja klik start -> All program -> Accessories -> System Tool -> system restore.
terus ada tampilan pilihan mau restore ke tanggal berapa, komputer juga menampilkan berdasarkan kejadian misalnya waktu terakhir instal aplikasi dll, gw pilih aja terakhir pak Rahmat instal AVG. gw tungu sebentar terus komputer restart sendiri dan komputer kembali normal dweh he he he ...
Setelah Safe mode selesai w masukin deh port usb printer ke laptopnya pak rahmat ternyata langsung instal sendiri. gw lupa kalo laptnya pak Rahmat pake Windows 7 jadi gak usah pake driver, huh.. w tunjukin aja ke pak Rahmat nih pak dah bener lagi kita coba ngeprint ya, gw coba dan hasilnya berhasil....
evaluasi
ternyata driver yang gw download itu ada masalah, entah korup atau bawa virus

Sebenarnya safemode jika dapat dimanfaatkan secara maksimal akan dapat berguna bagi kita, karena dengan safe mode, anda dapat memperbaiki komputer anda yang bermasalah, yang disebabkan oleh macam-macam masalah di komputer. seperti virus, erorr, dkk.untuk diketahui dalam safe mode sangat efektif untuk membasmi virus, karena dsalam safe mode operating system akan berjalan secara minimalis dan semua aplikasi di nonaktifkan.
Lebih dari itu safe mode ternyata memiliki fungsi yang lebih dalam lagi. Tidak hanya berkaitan dengan virus dan kawan-kawannya saja. Dalam safe mode, Anda dapat melakukan banyak perbaikan yang biasa dilakukan para teknisi komputer.
System restore adalah salah satu fitur yang efektif untuk mengembalikan system Anda pada keadaan dimana kerusakan atau konflik sistem belum terjadi. Misalnya pemasangan driver yang tidak kompatibel dengan Windows XP. Dengan system restore, Anda dapat dengan mudah mengembalikan kondisi komputer kembali ke waktu dimana perangkat tersebut di install.


System restore dapat diakses melalui system tools, dalam modul normal. Namun adakalanya dimana kerusakan atau ketidakcocokan alat/driver mengakibatkan user sulit memasuki modul normal atau dapat disebut juga komputer gagal booting. Oleh sebab itu, salah satu jalan keluarnya adalah mengakses system restore dari modul Safe Mode.

Bahkan setiap kali akan memasuki Safe Mode, Anda akan selalu ditanya oleh komputer Anda apakah akan bekerja dalam safe mode atau hanya kan menjalankan system restore. Jika Anda ingin menjalankan system restore, pada saat awal memasuki safe mode pilih saja No.

Kemudian Anda dapat menjalankan system restore sebagaimana layaknya menjalankan system restore pada modul normal. Semua langkah dalam menggunakan system restore tidak ada yang berbeda, baik dalam Safe Mode maupun dalam modul normal. Untuk lebih jelas mengenai Safe Mode, bagaimana mengaturnya.